Selasa, 06 November 2007

30+ Tempat Menemukan Musik Fresh Baru

Apakah koleksi musikmu mulai membosankan dan itu-itu aja musiknya? Yah, itu juga yang pernah hampir dialami semua orang. Banyak sekali musik-musik top40 yang begitu membosankan, karena jika kamu mempunyai radio dan televisi, lagu-lagu itu mungkin bisa diputar berkali-kali dalam sehari, begitu membosankan. Jika kamu kehabisan tempat dimana bisa menemukan musik-musik baru artis baru, rilis baru, dll. Disini ada 50+ situs dimana kamu bisa menemukan musik baru dan cepat menemukan berita apa saja yang baru terjadi di dunia musik. Ohyah kamu juga bisa temuin tempat-tempat untuk dapatkan download full-album atau mp3 artis dengan legal dan gratis. Enjoy :)

Situs pencari musik

1. Audiobaba
http://audiobaba.com/search/home
Disini kamu bisa memasukkan judul lagu dan nama artis yang kamu ketahui dan kamu suka, kemudian setelah itu kamu bisa mendapatkan rekomendasi musik-musik baru lain yang perlu kamu dengarkan berdasarkan kesamaan akustik.

2. AudioLunchBox
http://audiolunchbox.com/
Disini kamu bisa temukan sekitar 2juta lagu mp3 berlisensi legal gratis yang bisa anda download, dengan DRM dan juga fitur pilihan artis dan musik lokal menarik di seluruh dunia.

3. Babulous
http://www.babulous.com/home.html
Disini bisa kamu temukan komunitas musisi independen, underground dengan musik-musik yang belum anda ketahui untuk anda eksplorasi dan anda cari.

4. bandBuzz
http://www.bandbuzz.com
Situs ini merupakan situs bebas untuk band meng-upload musik mereka dan kemudian ditemukan oleh ribuan orang pengguna. Pengguna situs ini kemudian akan memberi voting dan komentar pada musik-musik tersebut dan berbagi dengan yang lain.

5. ChartU
http://beta.chartu.com/
Situs ini merupakan salah satu situs buat band untuk meng-upload musik mereka dan orang dapat mendengarkan musik mereka disini. Track-track lagu dari situs ini dimainkan terpisah di bagian kanan browser dan terus dimainkan meskipun kamu berpindah-pindah halaman.

6. ContraStream
http://contrastream.com
Situs ini merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan artis indie baru bagus dengan cepat melalui sistem voting seperti digg.

7. Epitonic
http://www.epitonic.com
Kamu bisa menemukan musik-musik baru yang bagus, membuat playlist dan mendownload beberapa full-track yang gratis di situs ini.

8. FineTune
http://finetune.com
Dengan finetune ini kamu dapat memulai pencarian musik baru yang kamu inginkan dengan beberapa artis yang anda ketahui, kemudian finetune akan menampilkan playlist dengan musik mirip. Selain itu,kamu juga bisa membuat playlist dengan dimulai dari playlist milik pengguna lain.

9. HayStack
http://haystack.com
Pada situs ini, kamu bisa membuat, berbagi dan mengeksplorasi playlist dari teman kamu dan pengguna lain seperti finetune.

10. Hypster
http://www.hypster.com/
Kamu bisa mengupload musikmu disini, membuat playlist dan berbagi dengan yang lain, termasuk pada situs jaringan komunitas sosial seperti friendster. Kamu juga bisa mencari tahu band-band menarik apa yang tidak kamu tahu.

11. iJigg
http://www.ijigg.com
Disini kamu bisa mencari dan mendengarkan musik baru, memberi voting/nilai. Musisi dan artis penyanyi siapa saja bisa mengupload musik mereka untuk mendapatkan pendengar baru.

12. iLike
http://ilike.com
Kamu bisa berbagi playlist iTunes disini dan mendapatkan saran musik baru apa yang perlu kamu dengarkan.

13. Last.Fm
http://www.last.fm/
Situs ini merupakan situs yang banyak diketahui orang dalam mencari dan menemukan musik baru.

14. MagnaTune
http://magnatune.com
Disini kamu bisa mendengarkan lebih dari 500 album komplit dari artis independen, jika kamu suka mereka, kamu bisa mendownload dan memilih bebas semuanya dengan $5.00

15. Musiclovr
http://www.musiclovr.com
Kamu bisa menemukan saran-saran musik yang perlu kamu dengarkan dengan berbasis pada apa yang kamu dengarkan dan bagaimana pengguna situs ini mendengarkan lagu yang anda dengarkan. Kamu juga bisa mendapatkan berita terbaru tentang artis yang kamu suka.

16. MusicMesh
http://www.musicmesh.net
Kamu bisa memulai pencarian musik yang kamu inginkan dengan memainkan satu CD musik, dan melihat 6 pilihan lain yang mirip dengan isi CD. Video Youtube juga akan muncul pada saat kamu memainkan musik sebagai sampel.

17. MusicMobs
http://www.musicmobs.com
di situs ini, kamu bisa bertukar dan mencari playlist untuk melihat apa yang orang lain dengarkan.

18. MusicNation
http://www.musicnation.com
Situs ini berprioritas pada artis independen bagus dan tidak diketahui. Disini anda bisa menemukan band baru dan juga berpartisipasi pada kontes.

19. Musicovery
http://www.musicovery.com
Kamu bisa mengeksplorasi musik berdasarkan mood hatimu dan cocok buat kamu. Antarmuka situs ini sangat bagus sekali.

20. OneLlama
http://www.onellama.com/PlaylistMaker/index.jsp
Dengan hanya satu lagu, atau seluruh playlist, situs ini bisa menebak musik apa yang mungkin kamu suka.

21. Owlmusicsearch
http://www.owlmusicsearch.com
cara mencari musik baru di situs ini adalah dengan membuka file MP3 di situs ini/memainkan file MP3 yang kamu suka di situs lain kemudian situs ini akan mencocokkan dengan musik lain dan memberi rekomendasi musik dan tunes apa yang mungkin kamu suka.

22. Pandora
http://pandora.com/
Tuliskan nama artis/musisi yang kamu suka, pandora kemudian akan membuatkan stasiun radio untuk kamu berdasarkan artis dan musik yang mirip.

23. ProjectOpus
http://projectopus.com
Situs ini memfokuskan diri pada publikasi artis-artis lokal pada seluruh negara di dunia agar bisa didengarkan oleh orang di seluruh dunia. Kamu bisa menemukan musik-musik indonesia dan mengetahui bagaimana respon orang-orang di seluruh dunia melaui situs ini.

24. PureVolume
http://www.purevolume.com
Disini kamu bisa mengeksplorasi genre-genre musik dari band bagus yang tidak pernah kamu dengar sebelumnya dan mendengarkan full track-nya secara gratis. Banyak sekali band indie indonesia yang bisa kamu temukan disini.

25. SessionSound
http://www.sessionsound.com/
Situs ini memfokuskan diri pada musik indie. Situs ini tempat terbaik untuk promosi artis dan juga mempromosikan diri kamu sendiri, jika kamu seorang artis indie.

26. SoundFlavor
http://www.soundflavor.com
Disini kamu bisa mencari lagu dan artis-artis yang kamu suka, dan menggunakannya sebagai titik loncat untuk mencari musik bagus yang mungkin tidak kamu ketahui.

27. Stage.FM
http://www.stage.fm
Di situs ini, kamu bisa memasukkan nama-nama artis major label yang kamu suka dan kemudian kamu akan menerima daftar artis independen dengan musik yang hampir sama.

28. SoundPedia
http://soundpedia.com
Disini, kamu bisa meng-upload playlist lagu-lagu kamu atau membuat playlist baru lain untuk membantumu menemukan daftar yang akan menolong dalam menemukan musik baru.

29. Twones
http://www.twones.com
Di situs ini, kamu bisa sharing playlist-mu dan mencocokkannya dengan pengguna dengan selera yang sama denganmu jadi kamu bisa menemukan artis bagus yang tidak kamu ketahui.

30. UpTo11
http://upto11.net/
Mesin pencari ini dapat membantu kamu untuk memasukkan daftar hingga 4 band dalam sekali tulis, kemudian kamu bisa mendapatkan rekomendasi grup yang memiliki musik seperti kombinasi band-band tersebut.

31. ZuKool
http://www.zukool.com
Setelah mencari lagu-lagu individual disini, kamu bisa membuat playlist dari perpustakaan musik mereka yang mencapai lebih dari 600.000 lagu dan kemudian kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi lagu yang perlu kamu dengarkan dari orang lain. Kamu juga bisa memberi rating/nilai disini. Lengkap yah?

Berita Musik

32. AOL Music
http://music.aol.com/news/headlines
Headline-headline judul berita musik dan apa yang sedang dibicarakan di dunia musik dapat kamu temukan disini.

33. ArtistDirect
http://www.artistdirect.com
Disini kamu juga bisa temuin headline berita musik dari rilis album terbaru artis mancanegara hingga berita konser tur.

34. BBC Music News
http://www.bbc.co.uk/music/news/
Disini kamu juga bisa nemuin berita-berita musik dari situs berita terbaik di dunia, BBC.

35. Billboard
http://www.billboard.com/bbcom/index.jsp
Situs ini merupakan tolak ukur online industri musik primer dan publikasinya.

36. MTV News
http://www.mtv.com/news
Jika membicarakan situs berita musik, tentu tidak lengkap tanpa situs berita MTV ini.

37. PitchForkMedia
http://www.pitchforkmedia.com
Berita, review, resensi album, dan sebagainya yang ingin kamu tahu tentang musik ada disini.

38. SoundsLikeNow
http://soundslikenow.org
Kamu bisa ketikkan nama band musik dan kemudian akan muncul daftar hasil band yang mempunyai kemiripan musik dengannya.

39. StarPulse Music News
http://www.starpulse.com/news/index.php?cat=3
Di situs ini, kamu bisa mencari berita musik dari seluruh industri musik, baik itu indie label atau major label.

Tidak ada komentar: